Logo Bloomberg Technoz

Tekan Impor Ilegal, Kemenperin Usul Industri Sepatu Diberi BMDTP

Rezha Hadyan
06 March 2023 19:21

Sepatu Yeezy (Sumber: Bloomberg)
Sepatu Yeezy (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Kementerian Perindustriaan mengusulkan agar impor bahan baku dan penolong produk alas kaki merek diberikan insentif bea masuk ditanggung pemerintah (BMDTP), di tengah isu maraknya praktik impor ilegal dari Singapura. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pengawasan impor alas kaki juga perlu dilakukan di perbatasan (border) guna membendung aksi pengiriman sepatu bekas secara ilegal dari negara tetangga. 

“Kemenperin […] mengusulkan pemberian insentif BMDTP terhadap impor bahan baku dan bahan penolong bagi produk alas kaki merek lokal. [Hal ini ditujukan] untuk terus meningkatkan daya saing industri alas kaki di Indonesia, yang merupakan industri padat karya dan menjadi tumpuan masyarakat,” tegasnya, Senin (6/3/2023). 

Untuk diketahui, pemerintah tengah memerangi maraknya praktik impor sepatu bekas di Indonesia, yang ditengarai menjadi penyebab tekanan hebat pada industri alas kaki nasional di tengah kesulitan ekspor akibat lemahnya permintaan global.

Agus menyebut industri alas kaki lokal hingga saat ini masih terkontraksi. Hal ini merupakan hasil dari survei Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Februari 2023.