Logo Bloomberg Technoz

Dokter Ungkap Cara Turunkan Kolesterol yang Ampuh

Dinda Decembria
28 December 2023 18:00

Kumpul keluarga sambil makan makanan olahan daging (Dok. Envato)
Kumpul keluarga sambil makan makanan olahan daging (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Waktu liburan kadang membuat kita lupa akan mengontrol makanan yang dikonsumsi. Membuat beberapa orang dihantui masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi.

Dokter spesialis penyakit dalam, Dr Aru Ariadno, Sp.PD-KGEH,FINASIM menjelaskan cara menurunkan kolesterol pada prinsipnya harus menjalani pola hidup sehat. Seperti merubah pola makan dengan menyantap makanan mengandung tinggi serat, serta mengurangi makanan berlemak hingga santan.

Aru juga menegaskan selama ini belum ada makanan tertentu yang bisa menurunkan kolesterol

"Prinsipnya, tidak ada selama ini makan yang kita makan kemudian menurunkan kolesterol, tetapi yang ada dengan  merubah pola makan kita tinggi serat, kurangi berlemak, bersantan maka diharapkan asupan atau masuknya lemak ke dalam badan itu berkurang. Dan juga jangan terlalu tinggi kalori. Maka asupan yang cukup itu diharapkan tidak terbentuknya kolesterol buruk di badan. Minum apa seperti jus tomat atau apa juga percuma kalau gaya hidupnya seperti biasa. Kalau kombinasi dengan gaya hidup yang baik ya bisa, yang penting keseimbangan,'' kata dr Aru kepada Bloomberg Technoz, Kamis (28/12/2023).

Selain merubah pola makan baik, aktivitas olahraga juga dianjurkan agar kalori makanan yang disimpan tak menjadi lemak pada tubuh kita.