Logo Bloomberg Technoz

Polemik Vaksin Covid-19 yang Akan Mulai Berbayar per 1 Januari

Dinda Decembria
28 December 2023 13:30

Seorang anak menerima dosis vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Bangkok, Thailand. (Sumber: Andre Malerba/Bloomberg)
Seorang anak menerima dosis vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Bangkok, Thailand. (Sumber: Andre Malerba/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengungkap vaksin Covid-19 akan mulai berbayar per 1 Januari 2024. Hal tersebut berdasarkan surat Himbauan Melengkapi Vaksin Covid-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

Dalam surat ditulis empat poin penting terkait vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Pada poin keempat ditulis, untuk masyarakat bukan lansia yang tidak memiliki komorbid dan bukan penyandang immunokompromais, vaksinasi akan disediakan pemerintah sampai 31 Desember 2023, selanjutnya dapat diperoleh secara mandiri.

“Berdasarkan surat ini info terakhirnya jadi per 1 Januari berbayar,” ujar Kepala Seksi Surveilans Epidemologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Budi Setiawan saat dikonfirmasi, Kamis (28/12/2023).

Namun, hingga saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih terus mengkaji keputusan tersebut. Kemenkes juga masih belum menentukan merek vaksin yang berbayar apa saja.

“Nanti kita informasikan lebih lanjut belum diputuskan. Kita masih evaluasi dan kaji dulu terutama di saat situasi seperti ini. Tapi tetap kita dorong masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid saat dihubungi terpisah.