Logo Bloomberg Technoz

Rangkuman Elektabilitas Terbaru Para Capres Usai Debat

Pramesti Regita Cindy
27 December 2023 19:45

Ilustrasi Capres Cawapres 2024 (Fahas/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Capres Cawapres 2024 (Fahas/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pascadebat calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) sejumlah lembaga survei melaporkan hasil jajak pendapatnya terhadap elektabilitas para calon yang bertarung dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Terbaru debat dilakukan oleh para cawapres  di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, pada Jumat (22/12/2023) dengan tema debat yakni Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Sedangkan pada debat perdana dilakukan oleh capres dengan mengusung tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga, di Halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). 

Tiga paslon yang bersaing pada Pemilu 2024 adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2; serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. 

Terbaru, terdapat tiga lembaga yang merilis data terbarunya yaitu; Survei Indikator Politik, Centre for Startegic and International Studies (CSIS) hingga Litbang Kompas. Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran lagi-lagi unggul dalam berbagai survei mengalahkan dua pasangan calon lainnya. Padahal dibandingkan pasangan lain, pasangan ini justru jarang melakukan kampanye.