Logo Bloomberg Technoz

Rapor Operator Seluler 2023: Telkomsel Unggul di Unduh, XL di Gim

Sultan Ibnu Affan
26 December 2023 13:30

Ilustrasi jaringan telekomunikasi smartphone. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi jaringan telekomunikasi smartphone. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Opensignal mempublikasikan rapor operator seluler pada Desember 2023, dimana Telkomsel memiliki keunggalan unduh dan unggah dibandingkan perusahaan telekomunikasi lainnya. Pada kategori lain XL Axiata paling terdepan dalam pengalaman bermain gim, sedangkan Indosat IOH konsisten dalam kualitas.

Opensignal, sebuah perusahaan standar global independen untuk menganalisis pengalaman seluler pelanggan itu membagi dalam sembilan kategori pengalaman pengguna dalam memanfaatkan jaringan seluler. Telkomsel jadi juara pada lima dari sembilan kategori.

“Telkomsel mengalahkan pesaingnya dalam pengalaman video on-demand dan video live bagi pengguna kami dan juga unggul dalam kecepatan unduh dan unggah rata-rata. Selain itu, Telkomsel juga menduduki peringkat teratas untuk Pengalaman Cakupan – yang merupakan ukuran luasnya jaringan seluler di berbagai tempat di mana orang tinggal, bekerja, dan bepergian,” tulis Opensignal dalam rilis yang dikutip, Selasa (26/12/2023).

Opensignal menyebutkan bahwa pengguna jaringan Telkomsel merasakan kecepatan unduh rata-rata 26,1Mbps – 3,3Mbps lebih cepat dari pengguna jaringan XL yang berada di posisi kedua. Lalu, riset dengan periode pengumpulan data pada dari Agustus hingga 29 Oktober itu juga memperlihatkan bahwa pengguna Telkomsel merasakan kecepatan unggah rata-rata tercepat 11,1Mbps, diikuti oleh pengguna 3 dengan 9,7Mbps.

Telkomsel masih unggul dalam Pengalaman Cakupan, dengan "skor 8,54 pada skala 10 poin - unggul jauh sebesar 3,78 poin dari Indosat dan 3 yang meraih skor 4,76 poin. XL menyusul dengan 4,48 poin, sementara Smartfren berada di posisi terakhir dengan 2,18 poin."