Logo Bloomberg Technoz

Kominfo Godok Insentif 5G untuk Opsel, Insentif Pajak Jadi Opsi

Dovana Hasiana
12 December 2023 12:10

Ilustrasi teknologi sinyal ponsel pintar jaringan 5G. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi teknologi sinyal ponsel pintar jaringan 5G. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menggodok insentif yang akan diberikan kepada operator seluler (opsel) yang mau menginvestasikan modal untuk pengadaan sinyal 5G di Indonesia. 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong mengatakan, terdapat beberapa jenis pilihan atau opsi insentif yang disiapkan, salah satunya adalah insentif pajak.  

“Ini masih dikaji, misalnya apakah dari pajak, apakah dari macam-macam, ini masih dikaji mudah-mudahan kajian segera keluar. Nanti pada saatnya akan disampaikan, karena banyak pilihan insentif,” ujar Usman kepada Bloomberg Technoz saat ditemui di kantornya, di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Usman mengatakan, saat ini terdapat sekitar lima opsi insentif yang tersedia, namun angka itu berpotensi  bertambah atau berkurang sesuai dengan diskusi yang dilakukan dengan opsel dalam penentuan jenis insentif dan paling sesuai dengan kebutuhan. 

Usman belum memberikan gambaran secara lengkap perihal implementasi dari insentif pajak yang akan diterapkan karena Kominfo belum memutuskan secara resmi.  Usman juga belum mengetahui perihal waktu penyelesaian dari penggodokan insentif ini/