Logo Bloomberg Technoz

Menteri ESDM Pepet Jepang Kembangkan Blok Masela & PLTA Kayan

Sultan Ibnu Affan
20 December 2023 19:20

Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif bertemu dengan Menteri Energi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito saat kunjungan awal pekan ini, membahas kerja sama bilateral di sektor energi.

Kerja sama yang dibahas keduanya berkaitan dengan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan dan proyek gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) Lapangan Abadi Blok Masela.

Arifin mengatakan proyek PLTA yang dioperasikan oleh PT Kayan Hidro Energy (KHE) dan Sumitomo saat ini status studi kelayakan atau feasibility study (FS) dan detail engineering design (DED).

"Begitu pula dengan berbagai perizinan, yakni izin lokasi, Amdal, IUPTL Wilayah Usaha, Izin Konstruksi Bendungan, dan perpanjangan IPPKH," ujar Arifin melalui siaran resmi kementerian, Rabu (20/12/2023).

KHE sendiri tengah mengembangkan mpat pembangkit listrik, yakni PLTS Listrik Desa 0,05 MW, yang telah beroperasi komersial atau commercial on date (CoD) pada 2020, PLTA Kayan Satu 900 MW, yang ditargetkan CoD pada 2025, PLTA Kayan Dua 1.000 MW CoD 2027, dan PLTA Kayan Tiga 1.200 MW CoD pada 2029.