Logo Bloomberg Technoz

Covid RI Meningkat di Nataru, Menhub Imbau Jaga Kebersihan

Dovana Hasiana
19 December 2023 12:50

Tes usap Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Tes usap Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti ada peningkatan kasus Covid-19 selama periode libur Natal dan Tahun Baru (nataru) 2023/2024 sehingga warga perlu menjaga kebersihan.

“Pada saat melakukan kegiatan (mobilisasi) kita sarankan kebersihan dijaga. Kita selaku petugas menyiapkan dengan baik dan memberikan edukasi ke masyarakat. Insya Allah lonjakan ini tidak terjadi lebih jauh,” ujar Budi dalam agenda pembukaan  Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023).

Dikonfirmasi secara terpisah, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, Kemenhub telah melaksanakan serangkaian rapat, salah satunya dengan Kementerian Kesehatan untuk upaya mitigasi Covid-19 selama periode Nataru 2023/2024 agar tidak terjadi peningkatan kasus.

Covid-19 Covid Test (dok Pixabay)

Hingga saat ini pemerintah Indonesia masih dalam tahap memberi imbauan untuk melaksanakan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker untuk menghindari virus Covid-19. 

Imbauan ini belum dituangkan dalam peraturan resmi sehingga belum bersifat wajib. Selain itu, sesuai dengan arahan Kemenkes, calon penumpang diimbau untuk mendapatkan vaksinasi booster sebelum melakukan perjalanan.