Logo Bloomberg Technoz

BlackRock Digugat karena Langgar UU Konsumen Terkait Strategi ESG

News
19 December 2023 06:40

BlackRock. (dok Bloomberg)
BlackRock. (dok Bloomberg)

Saijel Kishan - Bloomberg News

Bloomberg, Tennessee menggugat BlackRock Inc. dengan tuduhan melanggar undang-undang perlindungan konsumen dengan membuat pernyataan "menyesatkan" tentang strategi investasi ESG-nya.

Jaksa Agung Negara Bagian, Jonathan Skrmetti mengatakan berdasarkan keluhan yang diajukan pada Senin di pengadilan negara bagian, dana BlackRock yang tidak memperhitungkan faktor ESG dianggap tidak adil terpengaruh oleh anggota manajer aset dalam kelompok iklim, catatan pemungutan suara pemegang saham, dan tekanan yang diberikannya kepada perusahaan untuk memenuhi tujuan lingkungan. Ini menunjukkan "pola penipuan" yang telah merugikan para investor, demikian bunyi keluhan tersebut.

BlackRock telah terlibat dalam serangkaian pernyataan dan kelalaian yang melanggar hukum terkait ESG dalam kaitannya dengan pemasaran atau penjualan produk dan layanan investasinya kepada konsumen di Tennessee," kata Skrmetti dalam keluhannya.

Gugatan ini merupakan yang pertama oleh pejabat GOP (Partai Republik) terhadap sebuah perusahaan investasi karena strategi ESG-nya. Politikus Republik telah mengkritik BlackRock dan CEO-nya, Larry Fink, karena memajukan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola, suatu pendekatan yang memperhitungkan topik-topik seperti pemanasan global.