Logo Bloomberg Technoz

Survei Mandiri Institute: 71% Perusahaan Prioritaskan Prinsip ESG

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 December 2023 09:20

Bank Mandiri (Dok. PT Bank Mandiri Tbk)
Bank Mandiri (Dok. PT Bank Mandiri Tbk)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hasil survei Mandiri Institute menunjukkan bahwa 71% perusahaan terbuka meyakini pentingnya penerapan bisnis berkonsep memperhatikan lingkungan, sosial, dan tata kelola atau Environmental, Social, and Governance (ESG). 

Hal ini dipaparkan oleh Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro dalam acara Mandiri Sustainable Forum 2023 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Andry menjelaskan, saat ini investasi terkait ESG dipersepsikan sebagai faktor utama dalam keberlanjutan bisnis, baik saat ini maupun pada masa mendatang. Hal ini menjadikan praktik bisnis dengan prinsip ESG menjadi salah satu perhatian dalam aktivitas bisnis.

“Hampir seluruh responden mempertimbangkan untuk melakukan praktik bisnis ESG ke depan. Artinya, potensi bisnis berkelanjutan masih sangat terbuka dan Bank Mandiri berkomitmen kuat untuk mengoptimalkan potensi tersebut,” kata Andry.

Meskipun begitu, hanya 57% perusahaan terbuka yang sadar akan target Nationally Determined Contribution (NDC), yang merupakan komitmen dan aksi iklim untuk membantu mencapai beberapa tujuan global.