Logo Bloomberg Technoz

BlackRock Investasi Rp8,6 T untuk Bangun Pabrik Karbon Terbesar

News
08 November 2023 06:04

Fund Manager terbesar di dunia, BlackRock Inc. (Bloomberg)
Fund Manager terbesar di dunia, BlackRock Inc. (Bloomberg)

Kevin Crowley dan Silla Brush - Bloomberg News

Bloomberg, BlackRock Inc. akan menginvestasikan US$550 juta (Rp8,6 triliun) dana klien ke proyek Stratos Occidental Petroleum Corp., yang akan menjadi pabrik terbesar di dunia yang menangkap karbon dioksida langsung dari udara.

Kedua perusahaan mengumumkan pada hari Selasa dan mengatakan bisnis infrastruktur yang terdiversifikasi milik BlackRock menandatangani kesepakatan melalui salah satu dana investasinya untuk membentuk usaha patungan dengan anak perusahaan 1PointFive milik Occidental yang akan memiliki Stratos. Saham Occidental naik sebanyak 1,7 persen dalam perdagangan pasca-jam kerja.

Model skala dari fasilitas penangkapan langsung karbon di udara Stratos milik Occidental. (Sumber: Bloomberg)

Investasi BlackRock mewakili sekitar 40 persen dari total biaya proyek sebesar US$1,3 miliar, menjadikannya salah satu investasi terbesar dalam penangkapan langsung karbon di udara yang pernah ada. Hal ini juga berarti bagian biaya Occidental berkurang, mengalokasikan modal tambahan untuk operasi minyak dan gas di Permian Basin mereka.

Stratos dirancang untuk mengekstraksi 500.000 ton karbon dioksida dari udara setiap tahun - kira-kira setara dengan emisi dari 1 juta barel minyak - dan kemudian mengubur gas penyebab pemanasan global tersebut di bawah tanah, menghasilkan kredit pengurangan karbon.