Logo Bloomberg Technoz

Kasus Infeksi Menular Seksual di Eropa Kian Memburuk

News
08 December 2023 20:10

Ilustrasi Eropa (Dok. Envato)
Ilustrasi Eropa (Dok. Envato)

Elina Ganatra - Bloomberg News

Bloomberg, Kasus infeksi penyakit menular seksual atau sexually transmitted diseases (STD) telah meningkat pada tingkat yang memprihatinkan di seluruh Eropa, bersamaan dengan lonjakan jenis virus yang resistan terhadap antibiotik, kata pengawas kesehatan di wilayah tersebut.

Kasus gonore, klamidia, dan limfogranuloma venereum, atau LGV, pada 2021 melampaui tingkat sebelum pandemi di kawasan tersebut, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) pada Jumat (8/12/2023).

Temuan ini meningkatkan kekhawatiran mengenai resistensi antibiotik, yang membuat STD lebih sulit diobati. Ada juga peningkatan nyata dalam kasus gonore yang resistan terhadap obat yang dilaporkan, kata ECDC. Jika tidak diobati, gonore dapat menyebabkan kemandulan dan infeksi aliran darah yang mematikan.

ECDC meminta negara-negara Eropa untuk meningkatkan pemantauan dan fokus pada strategi pencegahan penyakit yang lebih kuat. Selama pandemi, jumlah penyakit menular seksual menurun karena berkurangnya kontak sosial.