Logo Bloomberg Technoz

Aplikasi SatuSehat Susah Diakses, Pengamat: Kemenkes Belum Siap

Sultan Ibnu Affan
01 March 2023 09:53

Tampilan aplikasi SatuSehat (Ist)
Tampilan aplikasi SatuSehat (Ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mulai Rabu (1/3/2023), aplikasi PeduliLindungi bertransformasi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai operatornya menyatakan bahwa aplikasi rekam jejak kesehatan ini sudah mulai diakses dengan menggunakan IOS per hari ini.

Namun ternyata aplikasi SatuSehat ini dinilai masih kurang mumpuni. Bahkan untuk masuk ke aplikasi saja sulit. Hal itu disampaikan oleh pakar Keamanan Siber & Chairman Communication and System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha saat mencoba memperbaharui PeduliLindungi menjadi SatuSehat.

"Belum siap Kemenkes dengan sistem baru, masih enggak bisa log in, mau daftar lagi disebut HP (ponsel) sudah terdaftar," kata Pratama kepada Bloomberg Technoz pada Rabu (1/3/2023).

Sebelumnya terkait hal ini, Kemenkes meminta masyarakat yang telah mengunduh PeduliLindungi perlu memperbarui aplikasi melalui Play Store maupun App Store baik secara otomatis maupun manual. Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di SatuSehat Mobile. Pengguna hanya perlu log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar. 

PeduliLindungi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

“Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin COVID-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi setelah memberikan persetujuan, pengguna SatuSehat Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan SatuSehat Mobile,” kata Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, Selasa (28/2/2023) sebagaimana keterangaan pers dari Kemenkes.