Logo Bloomberg Technoz

Dikabarkan Tengah Dilirik BREN, Ini Potensi Panas Bumi Milik ARCI

Sultan Ibnu Affan
06 December 2023 15:10

PLTP Kamojang (Dok: PLN)
PLTP Kamojang (Dok: PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Saham PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) dikabarkan sedang dirilik oleh Grup Barito melalui PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), yang terpikat dengan aset panas bumi milik perusahaan pertambangan emas itu. 

Selain BREN, ada PT Pama Persada Nusantara (PAMA) – perusahaan pertambangan yang berasal dari grup Astra – yang juga tertarik mengakuisisi saham ARCI.  "Jumat ini, semua penawar masukkan bid," ujar sumber Bloomberg Technoz yang mengetahui isu tersebut, Rabu (6/12/2023).

Grup-grup konglomerat yang mulai mendalami bisnis energi baru terbarukan (EBT) terpikat pada ARCI bukan tanpa alasan. Saat ini, ARCI memang tengah menyeriusi pengembangan potensi bisnis panas bumi atau geothermal, sejalan dengan tren penggunaan energi bersih.

ARCI diketahui berencana membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV) bersama PT Ormat Geothermal Indonesia yang akan fokus pada diversifikasi bisnis geothermal.

Menyitir laporan keuangan perseroan per kuartal III-2023, rencana usaha patungan itu sejatinya telah diungkapkan ARCI sejak Desember 2021.