Logo Bloomberg Technoz

Saham Birkenstock Kini Ada di Puncak Harga IPO

News
05 December 2023 20:20

Birkenstock. (Dok: Bloomberg)
Birkenstock. (Dok: Bloomberg)

Bailey Lipschultz—Bloomberg News

Bloomberg,  Produsen alas kaki Birkenstock Holding Plc dan perusahaan-perusahaan baru lainnya mendapatkan momentum reli di pasar ekuitas, meski Wall Street masih belum menyambut penawaran umum perdana dengan tangan terbuka.

Produsen sandal yang identik dengan sol gabus ini ditutup di atas harga IPO untuk pertama kalinya minggu lalu, setelah debut yang mengecewakan di bulan Oktober. Sementara Klaviyo Inc kembali naik di atas harga saham perdananya sesaat tercatat di New York Stock Exchange.

Meski begitu 25 perusahaan yang mengumpulkan lebih dari US$250 juta masing-masing melalui IPO AS tahun ini telah naik rata-rata 9,2%. Hal ini berlawanan dengan latar belakang bahwa S&P 500 telah naik 19% tahun ini, dan tolok ukur saham-saham berkapitalisasi kecil, Russell 2000 Index, telah mencatatkan kenaikan 6,4%.

S&P 500 tercatat mengalami kenaikan 11% sejak 27 Oktober setelah mencatatkan salah satu reli November terbaiknya dalam satu abad terakhir.  Terdapat optimisme seputar kenaikan suku bunga hingga menarik investor masuk ke dalam aset-aset mulai dari saham-saham perusahaan teknologi besar, hingga Bitcoin.