Logo Bloomberg Technoz

CUAN, Emiten Batu Bara Parjogo Pangestu Jadi Bintang IPO Dunia

News
28 November 2023 20:20

Founder PT Barito Pacific, Prajogo Pangestu. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Founder PT Barito Pacific, Prajogo Pangestu. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Ishika Mookerjee dan Fathiya Dahrul - Bloomberg News

Bloomberg, Saham IPO dengan kinerja terbaik di dunia tahun ini tidak disangka-sangka jatuh pada perusahaan pertambangan batu bara Indonesia yang kurang dikenal dan didukung oleh salah satu orang terkaya di Asia Tenggara.

Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) telah melonjak lebih dari 2.900% sejak terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Maret, setelah penawaran senilai US$25 juta (sekitar Rp386,93 miliar asumsi kurs saat ini).

Namun, CUAN masih belum memiliki cakupan analis dan bernilai tinggi. Volume perdagangannya pun masih relatif rendah. Dengan mempertimbangkan miliarder Indonesia Prajogo Pangestu sebagai pemegang saham utamanya, nilai pasar perusahaan telah tumbuh lebih dari 25 kali lipat menjadi US$5,4 miliar (sekitar Rp83,58 triliun) hanya dalam sembilan bulan.

Indonesia telah menjadi salah satu pasar yang paling dinamis untuk melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) secara global pada tahun ini. Hal ini sebagian dibantu oleh lonjakan permintaan saham energi terbarukan. 

Saham IPO dengan gain terbesar pada 2023./dok. Bloomberg