Logo Bloomberg Technoz

Menteri ESDM Isyaratkan MIND ID Pupus Jadi Pengendali Vale (INCO)

Sultan Ibnu Affan
01 December 2023 14:10

Pekerja PT Vale Indonesia Tbk (INCO). (Dok Vale.com)
Pekerja PT Vale Indonesia Tbk (INCO). (Dok Vale.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengisyaratkan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) tidak akan serta-merta menjadi pemegang saham pengendali PT Vale Indonesia  Tbk (INCO), setelah proses divestasi 14% saham penambang nikel itu dirampungkan. 

Arifin mengatakan, meski MIND ID dipastikan memegang porsi mayoritas saham INCO, dia mengisyaratkan kedua perusahaan tersebut tetap bekerja sama untuk memaksimalkan kegiatan penambangan Vale di Indonesia.

"Mayoritas saham iya [MIND ID], tetapi kan ini harus joint management lah supaya ada governance yang baik," ujar Arifin di kantornya, Jumat (1/12/2023).

Adapun, induk perusahaan INCO, Vale Base Metals Ltd (VBM) sebelumnya memberi sinyal bahwa divestasi 14% saham INCO ke MIND ID tidak akan menggeser posisi Vale Canada Ltd (VCL) sebagai pemegang saham pengendali perusahaan tambang nikel itu.

"Setelah transaksi, VCL akan mempertahankan eksposur ekonomi yang signifikan dengan nonpengendali
kepentingan dan terus memberikan tingkat pengaruh tata kelola yang kuat melalui Dewan Komisaris," papar korporasi tambang mineral itu dalam pernyataan resminya, belum lama ini.