Logo Bloomberg Technoz

Di Jakarta, demo buruh mulanya akan dipusatkan di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Dari Pulogadung, ribuan buruh akan melakukan konvoi hingga bertemu di pusat aksi di depan halaman Balai Kota DKI Jakarta.

Sementara itu di wilayah Bandung Raya, kata Said, demo buruh akan digelar di kawasan industri Cimahi. Sedangkan di Surabaya, aksi mogok nasional akan dipusatkan di Gedung Graha Adhi. 

Iqbal mengatakan lokasi aksi mogok nasional tidak bisa dipastikan karena akan menyebar tergantung dari kewenangan serikat buruh di masing-masing daerah. Iqbal sendiri mengatakan akan mengikuti aksi mogok nasional di Surabaya. 

“Pasti sudah lumpuh total. Pintu keluar tol biasanya akan terpengaruh,” ujarnya. 

Aksi mogok nasional mengusung tuntutan buruh mengenai upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK). Serikat buruh menuntut adanya revisi UMP DKI Jakarta yang hanya naik 3,6% menjadi mendekati 15%. 

Selain itu, buruh juga menuntut agar Gubernur tidak mengubah surat rekomendasi dari bupati dan wali kota yang telah merekomendasikan kenaikan UMK rata-rata sebesar 10-14,2%. 

“Kalau gubernur nekat mengubah rekomendasi, ada mogok nasional lanjutan,” ujarnya. 

“(Sementara) Indonesia Timur apakah Maluku, NTT, Maluku Utara atau Papua masih tunggu kabar, yang jelas, setop produksi," tegas Iqbal.

(dov/ain)

No more pages