Logo Bloomberg Technoz

Panama Tutup Tambang Raksasa, Harga Tembaga Dunia Bakal Goyang

News
29 November 2023 13:20

Para demonstran merayakan keputusan Mahkamah Agung Panama yang menutup tambang First Quantum Minerals, di Panama City. Foto: Bloomberg Mercury
Para demonstran merayakan keputusan Mahkamah Agung Panama yang menutup tambang First Quantum Minerals, di Panama City. Foto: Bloomberg Mercury

Michael McDonald dan Matthew Bristow - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Panama mengatakan akan menutup tambang tembaga raksasa milik First Quantum Minerals Ltd. Keputusan tersebut memupus harapan perusahaan asal Kanada tersebut dapat mencapai kesepakatan baru untuk tetap beroperasi.  

Presiden Laurentino Cortizo mengatakan "proses transisi untuk penutupan tambang secara tertib dan aman," dalam sebuah postingan di X, Selasa (28/11/2023). Pernyataan presiden tersebut disampaikan setelah mahkamah agung negara itu memutuskan untuk tidak mengizinkan perusahaan tambang tersebut beroperasi. 

Langkah ini akan membuat pemerintah kehilangan salah satu sumber pendapatan terbesarnya dan meningkatkan kemungkinan terjadinya pertarungan hukum antara perusahaan tambang Kanada dan Panama di arbitrase internasional. Cortizo tidak mengatakan berapa lama prosesnya akan berlangsung.

Pada hari Selasa, pengadilan memutuskan untuk menentang undang-undang yang menyetujui kontrak, menyegel kehancuran sebuah operasi yang menghasilkan lebih dari 1% produksi tembaga global.