Logo Bloomberg Technoz

Di Era Jokowi, Megawati Hidupkan Lagi Sentimen Anti-Orde Baru

Pramesti Regita Cindy
28 November 2023 04:50

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyuarakan semangat agar pemerintah jangan bergaya seperti Orde Baru. Seruan sentimen anti-Orde Baru dikemukakan Presiden ke-5 RI tersebut di acara Rakornas Relawan Ganjar-Mahfud pada Senin (27/11/2023) yang berlangsung siang hingga petang. Megawati mengisyaratkan penguasa saat ini yang sewenang-wenang kepada rakyat.

"Bolehkah kamu menekan rakyatmu, bolehkah kamu memberikan kepada rakyatmu tanpa melalui perundangan di Republik Indonesia ini? Lalu keluarganya itu sorry ya. Mestinya ibu enggak boleh ngomong gitu tapi udah jengkel tahu enggak," kata Megawati di kawasan JIExpo, Jakarta.

"Republik ini penuh dengan pengorbanan mengapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti waktu zaman Orde Baru?" lanjut dia.

Megawati pada zaman Orde Baru pimpinan Soeharto memang mengambil posisi sebagai oposisi. Meski tidak selalu menunjukkan kontra terbuka tetapi di bawah pimpinan putri kandung Presiden Soekarno ini, PDIP-dahulu saat bernama PDI- menjadi partai pengkritik Orde Baru nomor satu. Bahkan hingga saat ini PDIP senantiasa menghidupkan jargon yang berseberangan dengan Soeharto dan rezimnya. Sentimen anti-Orde Baru juga bergaung keras pada awal masa Reformasi usai Soeharto ditumbangkan pada 1998.

Ungkapan Megawati di acara relawan itu lalu disambut teriakan massa. "Lawan,lawan, lawan."