Logo Bloomberg Technoz

Sam Altman Dipecat Tiba-tiba

Dewan Direksi OpenAI Didesak oleh Investor & Microsoft

News
21 November 2023 17:30

CEO Microsoft Satya Nadella bersama Founder OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)
CEO Microsoft Satya Nadella bersama Founder OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

Emily Chang, Ashlee Vance, Ed Ludlow dan Dina Bass—Bloomberg News

Bloomberg, Para investor terbesar OpenAI mendorong perusahaan untuk mengembalikan Sam Altman sebagai CEO setelah keputusan mengejutkan dari dewan direksi untuk memecatnya pada hari Jumat, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. 

Microsoft Corp, pendukung terbesar perusahaan startup ini dengan saham lebih dari US$10 miliar (sekitar Rp156 triliun), bekerja sama dengan para investor termasuk Thrive Capital dan Tiger Global Management untuk mengembalikan Altman. Hal yang disampaikan orang-orang yang tidak mau disebutkan namanya karena khawatir akan informasi pribadi mereka.

Sebagai bagian dari upaya untuk mengembalikan CEO, para investor mendesak penggantian dewan direksi saat ini, kata orang-orang tersebut. Para direktur telah mempertimbangkan untuk mengundurkan diri, meskipun saat ini mereka menolak langkah tersebut.

Situasinya masih berubah-ubah dan rencana akhir belum ditetapkan. Jika dewan direksi mundur, para investor akan meninjau daftar calon direktur baru. Salah satunya adalah Bret Taylor, eks co-CEO Salesforce Inc.