Logo Bloomberg Technoz

CIPP JETP Diluncurkan Besok, RI Masih Keberatan Soal Beban Bunga

Sultan Ibnu Affan
20 November 2023 12:25

Ilustrasi PLTU Batu Bara (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi PLTU Batu Bara (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah akan mengumumkan hasil akhir rencana kebijakan dan investasi komprehensif atau comprehensive investment and policy plan (CIPP) Just Energy Transition Program (JETP) besok.

Berdasarkan pemberitahuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), CIPP program pendanaan iklim senilai US$20 miliar (sekitar Rp308 triliun) tersebut akan diluncurkan bersama dengan Sekretariat JETP di Jakarta, Selasa (20/11/2023).

Dengan demikian, pemerintah menepati janjinya untuk meluncurkan CIPP JETP sebelum konferensi tinggi PBB tentang perubahan iklim atau COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 30 November—12 Desember tahun ini.

Dokumen, yang telah melalui proses masukan publik tersebut, akan menjadi basis implementasi kemitraan JETP yang pertama kali di dunia akan diimplementasikan di Indonesia.

Meski sudah mendekati hari peluncuran, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan sampai sekarang Pemerintah Indonesia masih menunggu komitmen Pemerintah Amerika Serikat (AS) –selaku salah satu donatur– agar pendanaan JETP tidak memberatkan negara berkembang.