Logo Bloomberg Technoz

11 Tambang Mineral dan Batu Bara Ditenderkan Bulan Ini

Sultan Ibnu Affan
20 November 2023 11:05

Ilustrasi tambang (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi tambang (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali akan melelang 11 wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) mineral dan batu bara (minerba) pada bulan ini. WIUP tersebut terdiri dari komoditas emas, galena, batu bara, hingga bijih nikel.

Berdasarkan pengumunan resmi Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM, proses lelang akan dilakukan pada 6—8 Desember, dengan mekanisme penarawan tertulis atau tanpa kehadiran peserta atau close bidding.

Proses lelang akan di lakukan melalui aplikasi Lelang WIUP minerba yang dapat diakses di minerba.esdm.go.id/lelang,  yang dibuka sehari sebelum pelaksanaan tender.

Untuk peserta lelang WIUP dalam luas WIUP kurang dari 500 hektare (ha), dapat diikuti oleh badan usaha milik daerah (BUMD) setempat; badan usaha swasta nasional dengan kriteria usaha mikro dan usaha kecil; koperasi; atau perusahaan perseorangan.

Sementara itu, untuk lelang blok dengan luas wilayah lebih dari 500 ha dapat diikuti oleh badan usaha milik negara (BUMN); BUMD; badan usaha swasta nasional dengan kriteria usaha menengah dan usaha besar; badan usaha swasta dalam rangka penanaman modal asing; atau koperasi.