Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Stabil Jelang Rapat OPEC+

News
20 November 2023 07:45

Pengoboran minyak. (Sumber: Bloomberg)
Pengoboran minyak. (Sumber: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak stabil setelah pergerakan dua hari saat para investor menantikan pertemuan OPEC+ terkait pasokan minyak yang akan membentuk keseimbangan pasar hingga 2024.

Harga minyak Brent sebagai patokan global stabil di bawah US$81 per barel setelah mengalami kenaikan lebih dari 4% pada hari Jumat, menyusul penurunan sebesar itu pada hari sebelumnya. Harga minyak West Texas Intermediate diperdagangkan mendekati US$76 setelah mengalami pergerakan yang cukup fluktuatif.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) beserta sekutunya dijadwalkan bertemu akhir pekan depan untuk meninjau pasar minyak mentah global dan menetapkan prioritas menuju tahun baru. Dengan harga lebih rendah sepanjang tahun ini setelah mengalami penurunan selama empat minggu, ada spekulasi bahwa pembatasan pasokan akan diperpanjang.

Harga minyak mentah menghadapi tantangan besar dalam sebulan terakhir karena premi risiko perang yang dihasilkan oleh perang Israel-Hamas meredup. Kekhawatiran tentang melimpahnya pasokan minyak, termasuk dari negara-negara di luar OPEC+, meningkat. 

Grafik harga minyak. (Sumber: Bloomberg)