Logo Bloomberg Technoz

RS Lapangan Dibangun RI Untuk Gempa Turki Layani Ribuan Pasien

Sultan Ibnu Affan
25 February 2023 06:13

Salah satu Rumah Sakit Lapangan RI yang dibangun di Kota Hassa, Provinsi Hatay, Turki dalam menangai korban gempa. (Dok. KBRI Ankara)
Salah satu Rumah Sakit Lapangan RI yang dibangun di Kota Hassa, Provinsi Hatay, Turki dalam menangai korban gempa. (Dok. KBRI Ankara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rumah Sakit (RS) lapangan yang dibangun oleh pemerintah Republik Indonesia (RI) di Kota Hassa, Provinsi Hatay Turki telah melayani 1928 pasien sejak didirikan. RS lapangan itu telah beroperasi sejak 9 hari lalu.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, RS yang dioperasikan oleh Indonesia Emergency Medical Team (Ina-EMT) tersebut bisa melayani lebih dari 200 pasien dalam sehari.

"Dari perkiraan kapasitas sekitar 150 orang per  hari, Ina-EMT sehari-harinya menerima sekitar 200 pasien di atas kapasitas yang diperkirakan," kata Lalu dalam keterangan resmi pada Jumat malam (24/2/2023).

Meskipun mempunyai jam operasional namun RS tetap melayani dan menerima pasien yang datang di luar jam yang ditetapkan itu.

"Ini memungkinkan pasien-pasien dari lokasi yang lebih jauh dan pasien yang siang harinya ikut bekerja dalam aktivitas tanggap darurat mendapatkan pelayanan kesehatan," lanjutnya.

Tangkapan layar kondisi gempa Turki. (Source: IHA via Bloomberg)