Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah RI Kirim Bantuan Uang-Barang ke Korban Gempa Suriah

Ezra Sihite
23 February 2023 22:24

Bantuan Kemanusiaan Korban Gempa Suriah Tiba di Damaskus (DOK Kemlu RI)
Bantuan Kemanusiaan Korban Gempa Suriah Tiba di Damaskus (DOK Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada pemerintah Suriah untuk membantu korban gempa yang mengguncang Turki dan Suriah.

Bantuan dari pemerintah Indonesia diterima oleh Deputi Menteri Urusan Administrasi Lokal Lingkungan, Moutaz Douaji dan jajaran lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Suriah. Bantuan pemerintah Indonesia disampaikan dalam bentuk uang sebesar US$ 1 juta dan barang senilai US$ 1,1 juta dengan total berat 75 ton. Bantuan dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia yang mendarat di Damaskus, Suriah pada Rabu (22/2/2023) pukul 11.50 waktu setempat.

Barang-barang yang diberikan sebagai bantuan tersebut berupa pakaian biasa dan pakaian untuk cuaca dingin, tenda, tempat tidur darurat, makanan dan generator listrik.

Pemerintah Suriah sebelumnya resmi menyampaikan nota diplomatik permohonan bantuan kepada pemerintah RI pascagempa magnitudo 7,8 yang mengguncang negara itu dan negara Turki. Atas bantuan ini, pemerintah Suriah menyatakan terima kasih dan hal tersebut dianggap sebagai solidaritas persaudaraan sekaligus secera geografis, dua negara ini berjauhan.

Serah terima bantuan dilakukan secara simbolis oleh Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Letjen TNI (P) Sudirman yang didampingi oleh Mayjen Fajar Setyawan, Deputi Bidang Penanganan Darurat, BNPB, Dubes RI Damaskus Wajid Fauzi, serta Direktur Timur Tengah Kemlu, sebagaimana dikutip dari rilis Kemlu RI.