Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Kirim Bantuan Gempa Turki Tahap Tiga

21 February 2023 10:42

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pertemuan Industri Jasa Keuangan, Jakarta, 6 Februari 2023. (Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pertemuan Industri Jasa Keuangan, Jakarta, 6 Februari 2023. (Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan tim dan paket bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam gempa Turki dan Suriah. Bantuan tahap ketiga ini berisi 140 ton bahan makanan dan bahan logistik lainnya. 

"Kita mengirimkan empat pesawat ke Turki dan Suriah," kata Jokowi di pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma, seperti dilansir dari laman Sekretariat Presiden, Selasa (21/2/2023).

Pemerintah Indonesia sebelumnya sudah mengirimkan dua kali bantuan kemanusiaan pascagempa magnitudo 7,7 dan 7,6 berpusat di Provinsi Kahramanmaras, Turki, 6 Februari 2023 lalu. Gempa tersebut telah menyebabkan kerusakan bangunan di Turki dan Suriah. 

Pada bantuan pertama, pemerintah mengirim 49 orang tim pencarian dan pertolongan (SAR) yang memiliki sertifikasi internasional. Pemerintah kemudian mengirimkan tenaga medis dan fasilitas rumah sakit lapangan pada bantuan kedua. Saat ini rumah sakit tersebut bisa melayani 120 pasien per hari.

Presiden Joko Widodo saat mengirim bantuan kemanusiaan tahap tiga untuk korban Gempa Turki dan Suriah (21/2/2023). (Youtube Setpres)

"Kita harap apa yang kita kirimkan ini dapat membantu saudara-saudara yang ada di sana," kata Jokowi.