Logo Bloomberg Technoz

ESDM: Smelter Freeport di Fakfak Bakal Ditunjang Kawasan Industri

Sultan Ibnu Affan
17 November 2023 19:00

Dok. Freeport Indonesia
Dok. Freeport Indonesia

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan rencana pembangunan smelter baru PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kabupaten Fakfak, Papua Barat masih dalam proses studi kelayakan. Nantinya, pemerintah akan membangun kawasan industri untuk memastikan serapan produk dari smelter tersebut.

Proyek tersebut akan menjadi salah satu prasyarat perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) Freeport dari 2041 menjadi 2061.

"Kami minta secepatnya itu [dibangun],” ujar Arifin, Jumat (17/11/2023). “[Namun], tentu saja kita masih harus menghitung neraca suplainya, bijihnya cukup atau enggak. [Nanti kalau] kelebihan, mau dibawa ke kawasan industri itu di Fakfak.”

Dalam kaitan itu, pemerintah pun berencana akan menyiapkan infrastruktur, berikut dengan industri pendukung agar nantinya produk dari smelter tersebut memiliki serapan pasar yang cukup dan mampu memberi nilai keekonomian.

"Nanti mau kita groundbreaking pabrik pupuk. Nanti di situ akan ada kompleks industri yang banyak lah, ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi."