Logo Bloomberg Technoz

IUPK Freeport 2061, Kendali Tambang Grasberg Pindah ke MIND ID

Sultan Ibnu Affan
17 November 2023 15:15

Aktivitas di tambang Grasberg PT Freeport Indonesia./Dadang Tri/Bloomberg
Aktivitas di tambang Grasberg PT Freeport Indonesia./Dadang Tri/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan segera meneken perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk masa berlaku hingga 2061.

Menurut Arifin, perpanjangan kontrak tersebut mesti dilakukan demi memaksimalkan cadangan emas, tembaga, serta mineral ikutan lainnya di Papua, yang selama ini dikelola oleh Freeport.

Terlebih, lanjut Arifin, pascahabisnya IUPK eksisting pada 2041, operasi tambang bawah tanah PTFI – termasuk tambang legendaris Grasberg – akan dikendalikan oleh pemerintah melalui holding pertambangan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

"[IUPK] Freeport ya itu [diperpanjang sampai] 2061, karena dia sudah sekian puluh tahun dah dalam persyaratannya ada cadangan yang memang [harus dimaksimalkan], masak mau kita putusin [kontraknya]?" ujar Arifin di kantornya, Jumat (17/11/2023).

Namun demikian, Arifin memberi catatan bahwa operator yang bakal melanjutkan eksplorasi tambang Grasberg itu mesti yang memiliki pengalaman dan teknologi yang mumpuni. Dengan demikian, meski sebagai pengendali tambang, MIND ID belum tentu menjadi operatornya.