Logo Bloomberg Technoz

The Fed Peringatkan Risiko Penurunan Tajam Aktivitas Ekonomi

News
17 November 2023 07:20

Gubernur Bank Sentral AS Lisa Cook. (Sumber: Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS Lisa Cook. (Sumber: Bloomberg)

Laura Curtis - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed), Lisa Cook menyoroti risiko kemerosotan ekonomi tajam yang tidak diperlukan. Dia menunjukkan adanya tekanan di beberapa sektor ekonomi akibat kondisi keuangan yang lebih ketat, yang bisa menjadi pertanda tekanan lebih lanjut.

Cook mengatakan momentum yang terus berlanjut dalam pertumbuhan ekonomi dan pengeluaran konsumen dapat melambatkan laju disinfalsi. Hal ini sejalan dengan rekan-rekannya di komite penetapan kebijakan Federal Reserve.

"Tetapi saya juga memperhatikan risiko penurunan tajam yang tidak perlu dalam aktivitas ekonomi dan lapangan kerja," kata Cook pada hari Kamis dalam pidatonya untuk Konferensi Kebijakan Ekonomi Asia di San Francisco.

Beberapa sektor ekonomi menunjukkan tanda-tanda tekanan akibat kondisi keuangan yang semakin ketat, kata Cook dengan merujuk pada berkurangnya tabungan di kalangan rumah tangga berpendapatan rendah, biaya pinjaman yang lebih tinggi bagi pemilik bisnis kecil, dan permintaan yang melambat di sektor perumahan.