Logo Bloomberg Technoz

Menyingkap Klaim ‘Net Zero’ Plastik Perusahaan Besar Nestle dkk

News
14 November 2023 05:40

Sampah plastik (Sumber: Bloomberg)
Sampah plastik (Sumber: Bloomberg)

Natasha White - Bloomberg News

Bloomberg, Beberapa perusahaan besar di dunia kini mengklaim telah mencapai status "net zero” plastik atau "plastik netral", yang berarti operasi bisnis mereka tidak menambah polusi plastik.

Klaim ini, serupa dengan "karbon netral", tidak sesederhana kedengarannya. Perusahaan-perusahaan ini belum menghilangkan plastik dari proses manufaktur mereka. Sebagai gantinya, mereka menggunakan offset plastik, yaitu kredit yang mewakili sampah plastik yang dikumpulkan dan diproses oleh pihak ketiga di tempat lain di dunia.

Offset plastik adalah suatu mekanisme yang memungkinkan perusahaan atau individu untuk mengurangi dampak plastik mereka dengan mendukung proyek-proyek yang mengurangi jumlah plastik. Proyek-proyek ini dapat berupa proyek daur ulang, pengurangan limbah, atau bahkan penanaman pohon.

Saat ini, pasar untuk offset plastik masih kecil dan didominasi oleh Plastic Credit Exchange (PCX) yang berbasis di Singapura dan baru berumur empat tahun. PCX adalah platform yang memungkinkan perusahaan dan individu untuk membeli dan menjual kredit plastik.