Logo Bloomberg Technoz

Kredit plastik adalah sertifikat yang mewakili satu unit plastik yang telah dihilangkan dari lingkungan. Perusahaan atau individu yang membeli kredit plastik dapat menggunakannya untuk mencapai predikat "net zero” plastik atau "plastik netral.”

Pasar ini diprediksi akan berkembang, seiring dengan lobi dari badan industri untuk inklusi kredit plastik dalam perjanjian global baru yang mengikat mengenai polusi plastik yang sedang dinegosiasikan minggu ini di Nairobi.

Verra, pemain utama dalam kredit karbon, juga memiliki program kredit plastik yang masih baru.

PCX telah menjual jutaan dolar nilai offset plastik, terutama di Filipina, di mana mitra utama mereka berada dan pemerintah secara eksplisit mendorong praktik ini. Offset tersebut telah diterbitkan untuk anak perusahaan Nestle dan Colgate-Palmolive di Filipina, serta Pepsi-Cola, dan banyak perusahaan lainnya, demikian menurut situs web PCX.

Dalam beberapa kasus, ini menjadi dasar bagi klaim "plastik netral" dan PCX juga dapat memberikan sertifikat sebuah merek sebagai "net zero" plastik.

Nestle Filipina menyatakan bahwa mereka terlibat dalam kemitraan langsung untuk pengumpulan sampah plastik tanpa menghasilkan, menerbitkan, atau memperdagangkan kredit plastik.

Perusahaan menolak menanggapi soal apakah mereka telah diterbitkan kredit oleh PCX.

PCX menyatakan di situs webnya bahwa mereka telah memungkinkan pembersihan lebih dari 32.000 metrik ton sampah plastik, setara dengan berat sekitar 230 paus biru.

Namun, analisis baru oleh Source Material, sebuah organisasi investigasi nirlaba, dan reporter Filipina menemukan bahwa sebagian besar material tersebut dikirim ke pabrik semen untuk digunakan sebagai bahan bakar, praktik yang dikenal sebagai co-processing.

Manfaat lingkungan dari pengelolaan limbah plastik dengan cara ini masih belum jelas. Analisis PCX sendiri menunjukkan bahwa penghematan emisi dari pergantian bahan bakar sangat sedikit, dengan sebagian besar berasal dari penghindaran transportasi batu bara impor.

Ini bergantung pada kontrol polusi pabrik semen dan jenis plastik yang dibakar, tetapi perbedaan emisi CO2 "kemungkinan tidak signifikan," kata Ed Cook, peneliti dari University of Leeds yang mempelajari limbah plastik.

Pendukung ko-prosesing berpendapat bahwa ini membantu mencegah sampah plastik masuk ke TPA dan perairan dunia. Banyak negara, termasuk di Eropa, AS, dan Inggris, memperbolehkan bahkan mendorong jenis pengolahan limbah rumah tangga atau plastik ini, dan International Finance Corp. memberikan pinjaman hijau pertamanya di Afrika kepada produsen semen Prancis di Senegal yang menggantikan batu bara dengan ban sebagai sumber bahan bakar.

Juru bicara Nestle Filipina mengutip kekurangan infrastruktur pengumpulan, pemilahan, dan daur ulang plastik di negara tersebut. Perusahaan melihat ko-prosesing sebagai "solusi sementara" dan alternatif emisi rendah dibandingkan membakar batu bara atau mengirim plastik ke TPA, kata juru bicara tersebut.

Juru bicara Colgate-Palmolive juga menyuarakan keterbatasan infrastruktur daur ulang. Ia mengatakan bahwa pendekatan yang mereka lakukan “menerapkan opsi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan terukur yang telah mendapat persetujuan legislatif dari pemerintah.”

Perusahaan juga berupaya untuk menggunakan lebih sedikit plastik dan lebih banyak plastik daur ulang, kata juru bicara tersebut.

Sementara itu, PepsiCo belum menanggapi permintaan komentar.

Terlepas dari apa yang mendasari pemberian kredit tersebut, para kritikus khawatir bahwa meningkatnya penerimaan kompensasi, baik untuk plastik atau gas rumah kaca, akan membuat perusahaan enggan mengambil langkah yang lebih besar untuk mengurangi limbah atau mengurangi emisi.

Dengan biaya sekitar US$115 per unit, penggantian kerugian dari pengolahan bersama plastik enam kali lebih murah dibandingkan dengan biaya daur ulang, menurut analisis Source Material dari data PCX.

Cara ini masih lebih murah dibandingkan menghentikan produksi dan penggunaan plastik, atau mencari alternatif yang tidak terlalu berbahaya.

“Kredit karbon telah menjadi sebuah kegagalan, sebuah alasan untuk melakukan bisnis seperti biasa,” kata Marian Frances Ledesma, pengkampanye zero-waste di Greenpeace di Filipina. “Kami tidak ingin kesalahan serupa terulang kembali dalam hal polusi plastik.”

(bbn)

No more pages