Logo Bloomberg Technoz

Bank kemungkinan akan mempertimbangkan untuk mengizinkan imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10-tahun naik di atas  satu persen sampai batas tertentu dengan memodifikasi operasi pembelian suku bunga tetap, demikian laporan Nikkei pada Senin, tanpa menyebutkan di mana mereka mendapatkan informasi tersebut.

Pernyataan BOJ akan disertai dengan prospek ekonomi kuartalan baru yang diperkirakan akan mencakup revisi ke atas untuk prakiraan inflasi.

Spekulasi pasar seputar kemungkinan penyesuaian kontrol kurva yield meningkat setelah yen menembus ambang kunci 150 per dolar dan imbal hasil 10-tahun mendekati garis pertahanan bank di satu persen pekan lalu.

Yen menguat terhadap dolar setelah laporan tersebut, terdorong ke level di bawah 149 untuk pertama kalinya dalam dua minggu. Suku bunga swap 10-tahun juga melonjak setelah laporan tersebut.

BOJ kemungkinan akan memantau pergerakan yield sampai saat-saat terakhir sebelum membuat keputusan tentang YCC, menurut para sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Dalam survei Bloomberg yang ditutup pekan lalu, sebagian besar pengamat BOJ tidak memperkirakan perubahan kebijakan besar seperti mengakhiri suku bunga negatif, sementara 40 persen lainnya menyebutkan risiko penyesuaian YCC.

(bbn)

No more pages