Logo Bloomberg Technoz

Bicara Keras ke Para Penjabat Kepala Daerah, Jokowi Ogah Ditepuki

Pramesti Regita Cindy
30 October 2023 16:55

Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Penjabat Kepala Daerah Seluruh Indonesia, 30 Oktober 2023. 9Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Penjabat Kepala Daerah Seluruh Indonesia, 30 Oktober 2023. 9Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan para penjabat kepala daerah agar tak main-main dalam tugasnya. Jokowi mengatakan bahwa dia akan melakukan evaluasi setiap hari. Bila Kemendagri melakukan evaluasi tiga bulanan, Jokowi memilih tiap hari memantau orang-orang yang dia pilih itu.

Presiden yang mengingatkan para penjabat kepala daerah itu menyampaikan pesannya dengan keras. Bahkan ketika penjabat gubernur, wali kota dan bupati hendak bertepuk tangan merespons pernyataannya, Presiden Jokowi melarang hal itu.

"Jangan tepuk tangan, begitu saya evaluasi harian begitu bapak ibu miring-miring saya ganti setiap hari bisa itu hak prerogatif yang saya miliki," kata Jokowi memberi peringatan pada saat pengarahan penjabat kepala daerah seluruh Indonesia di Istana Negera, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Dia mengatakan, penjabat kepala daerah selayaknya lebih sedikit bebannya lantaran tidak memiliki beban politik. Penjabat diketahui mereka yang mengisi kekosongan masa jabatan kepala daerah menunggu pilkada pada 2024 mendatang. Adapun para penjabat kepala daerah ini memang dipilih oleh Presiden Jokowi.

"Ini dievaluasi berapa? evaluasi kan tiap 3 bulan oleh mendagri tapi saya, evaluasi saya harian," imbuh Presiden.