Logo Bloomberg Technoz

Dewas KPK Periksa Alexander Marwata dan Johanis Tanak

Pramesti Regita Cindy
30 October 2023 12:06

Gedung KPK, Jakarta, Senin (3/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Gedung KPK, Jakarta, Senin (3/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) lanjut melakukan pemeriksaan kepada pimpinan KPK. Hari ini dua Wakil Ketua KPK yaitu Alexander Marwata dan Johanis Tanak yang diperiksa. Pada pekan lalu Dewas sudah memeriksa Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Johanis dan Alex dipanggil untuk dimintai klarifikasi atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri atas pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Dalam pantauan, Alexander Marwata telah hadir memenuhi panggilan Dewas di Gedung ACLC KPK pada pukul 11.02 WIB. Sedangkan Johanis Tanak belum tampak terlihat hadir atau mengkonfirmasi kehadirannya. 

Sementara Nurul Ghufron usai diperiksa oleh Dewas KPK pada Jumat (27/10/2023) mengaku selama satu jam diperiksa. Dewas mencecarnya dengan pertanyaan soal pertemuan Firli dengan SYL hingga dugaan pemerasan pimpinan KPK kepada SYL.

Firli sendiri sudah diperiksa Polda Metro Jaya yang mengusut dugaan pemerasan terkait penyidikan korupsi di Kementan itu. Selain itu, dua rumah Firli yakni di Bekasi dan Jakarta Selatan juga sudah digeledah polisi.