Logo Bloomberg Technoz

Masinton Sebut Gibran Sudah Otomatis Keluar PDIP

Pramesti Regita Cindy
30 October 2023 10:15

Bacapres Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka saat akan pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Kamis (26/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Bacapres Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka saat akan pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Kamis (26/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus senior PDI Perjuangan (PDIP) yang juga Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mengatakan, dalam aturan partainya apabila kader tak ikut keputusan partai maka bisa dianggap otomatis keluar. Hal itu dia sampaikan menyoal status Gibran Rakabuming Raka yang tidak diumumkan pemberhentiannya. Artinya kata dia, PDIP sudah selesai dengan Gibran begitu dia resmi jadi bakal cawapres koalisi rival.

"Di PDIP itu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga-nya jelas. Kalau sudah partai memutuskan keputusan ya kader yang tidak ikut (maka) keputusan itu otomatis dia tidak lagi bagian dari PDI perjuangan," kata Masinton ditemui di kawasan Jakarta Selatan.

Oleh karena itu menurut dia Gibran, putra sulung Jokowi yang maju di Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto tak lagi berada di partainya. Sementara PDIP dan koalisinya mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Masinton mengatakan, di PDIP sanksi dan peringatan sering diberikan kepada kader walau tak harus diumumkan ke publik. Dia menambahkan, Gibran sendiri sudah pernah menemui Ketua DPP bidang Politik Puan Maharani. Namun setelah deklarasi capres dan mendaftar dengan Prabowo ke KPU kata dia, Gibran tak perlu lagi dipanggil partai karena hal itu dimaknai bahwa Gibran sudah otomatis hengkang.

"Kalau sebelumnya kan pernah, pernah diajak ngomong mbak Puan (Maharani) juga. Kalau sekarang kan ya sudah mengambil sikap yang berbeda, ya enggak mungkin lagi dong mbak Puan memanggil. Ya kan?  Ya dong," ujarnya pada Minggu petang (29/10/2023).