Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Sebut Gibran Rakabuming Akan jadi Kader Partai Golkar

Pramesti Regita Cindy
25 October 2023 14:40

Gibran Rakabuming Raka saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Gibran Rakabuming Raka saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka terus berproses menjadi kader partai berlambang Pohon Beringin tersebut. Hal ini disampaikan saat menjawab status Wali Kota Solo tersebut yang berpotensi hengkang atau dicoret dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Terus berproses," kata Airlangga di KPU, Rabu (25/10/2023).

Menurut dia, proses perpindahan Gibran dari PDIP ke Golkar terhenti sementara karena tengah berfokus pada pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prabowo-Gibran memang baru saja resmi mendaftarkan diri sebagai capres cawapres pada Pemilu 2024.

Proses penetapan pasangan ini sempat membuat tensi politik meningkat. PDIP, sebagai asal Gibran, sempat memberikan kritik kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut karena berambisi menjadi cawapres. 

PDIP sudah mulai mengkritik sebelum Mahkamah Konstitusi memberikan karpet merah kepada Gibran melalui putusan uji materi Pasal 169 huruf q UU Pemilu. Partai berlambang Kepala Banteng ini pun menunjukkan sejumlah sinyal tengah berjarak dengan Jokowi dan Gibran.