Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting Pidato Powell di New York Soal Suku Bunga

News
20 October 2023 07:20

Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg New

Bloomberg, Berikut adalah poin-poin penting dari pidato Gubernur bank sentral AS, The Federal Reserve, Jerome Powell, di Economic Club of New York pada Kamis (19/10/2023).

1. Powell memberikan sinyal bahwa Federal Open Market Committee (FOMC) akan menahan suku bunga lagi pada pertemuan yang berakhir pada 1 November, dengan mengatakan bahwa komite tersebut "bergerak dengan hati-hati.” Hal ini menyoroti perlunya menunggu sebelum mengambil tindakan lebih lanjut. Dia mengutip ketidakpastian dan risiko tentang kebijakan, termasuk risiko geopolitik yang "sangat tinggi" baru-baru ini.

2. Pada saat yang sama, Powell tetap membuka opsi untuk menaikkan suku bunga pada bulan Desember atau setelahnya, tetapi dia menetapkan standar yang cukup tinggi untuk langkah tersebut. Dia mengatakan bahwa langkah-langkah selanjutnya akan bergantung pada "totalitas data yang masuk, prospek yang berkembang, dan keseimbangan risiko."

3. Powell mengatakan bahwa, pada margin tertentu, imbal hasil jangka panjang yang lebih tinggi bisa berarti kurangnya kebutuhan bagi the Fed untuk menaikkan suku bunga. Namun, dia juga mengatakan bahwa para pembuat kebijakan akan membiarkan kenaikan imbal hasil berjalan dan mengamatinya. Ia memberikan sejumlah penjelasan untuk kenaikan tersebut, termasuk defisit anggaran pemerintah yang lebih tinggi, yang menurutnya berada dalam jalur yang "tidak berkelanjutan."