Logo Bloomberg Technoz

Prediksi Hari Ini: Nilai Tukar Rupiah Anjlok ke Rp15.735-Rp15.750

Muhammad Julian Fadli
13 October 2023 08:00

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Secara teknikal, nilai tukar rupiah melawan dolar AS hari ini berpotensi melanjutkan tren pelemahan setelah sepekan terakhir pergerakannya terkontraksi menjebol level support terkuat.

Hari ini rupiah berpotensi terkoreksi menuju area Rp15.735-Rp15.750/US$. Trendline channel kemarin break dan tertembus dan menjadi support terkuat rupiah kini menjadi level resistance terdekat pada Rp15.664/US$.

Apabila pelemahan kembali berlanjut dengan tekanan yang tinggi seperti sepekan terakhir, ada trendline garis kuning pada level Rp15.810/US$ akan jadi support terakhir. Sementara resistance selanjutnya ada pada Rp15.640/US$.

Analisis Teknikal Nilai Rupiah Jumat 13 Oktober (Divisi Riset Bloomberg Technoz)

Melejitnya tingkat imbal hasil investasi AS kemungkinan besar akan semakin memicu arus keluar modal asing dari pasar Indonesia terutama di pasar surat utang dan bisa kembali menyeret nilai rupiah.

Laporan Kementerian Keuangan, sampai 11 Okt lalu, terlihat asing semakin memapas kepemilikan di SBN ke level terendah sejak Maret 2023. Nilai capital outflow dari pasar domestik sedikitnya sudah melampaui Rp22 triliun sejak September.