Logo Bloomberg Technoz

American Airlines hingga Cathay Hentikan Penerbangan ke Israel

News
09 October 2023 13:40

Pesawat American Airlines dan United Airlines di Terminal A Bandara Internasional Newark Liberty (EWR)./Bloomberg-Aristide Economopoulos
Pesawat American Airlines dan United Airlines di Terminal A Bandara Internasional Newark Liberty (EWR)./Bloomberg-Aristide Economopoulos

Will Davies - Bloomberg News

Bloomberg, Pimpinan serikat pilot American Airlines Group Inc. mengatakan anggotanya sebaiknya tidak melakukan penerbangan ke Israel hingga kondisi aman. Langkah ini disampaikan setelah perang terjadi di wilayah tersebut pada akhir pekan lalu.

“Tidak bijaksana atau tepat untuk dengan sengaja membahayakan awak penerbangan dan penumpang kami dengan menjalankan penerbangan ke zona perang,” kata Presiden Allied Pilots Association Ed Sicher dalam sebuah pernyataan. “Saya memerintahkan semua pilot untuk menghentikan operasi penerbangan ke Israel sampai kami bisa cukup yakin tentang keselamatan dan keamanan wilayah tersebut.”

Sicher mengutip peringatan perjalanan dari Departemen Luar Negeri AS yang dikeluarkan pada hari Minggu, yang mengatakan situasi di Israel tidak dapat diprediksi.  "Tembakan mortar dan roket dapat terjadi tanpa peringatan," demikian bunyi peringatan tersebut. Dia juga mengatakan Federal Aviation Administration (FAA) mengeluarkan Notam, atau pemberitahuan kepada personel operasi udara, yang memberi tahu operator untuk sangat berhati-hati.

“Sampai pemberitahuan lebih lanjut, jika Anda dijadwalkan, ditugaskan, atau ditugaskan ulang ke Israel, tolak tugas dengan menelepon Kepala Pilot atau IOC Duty Pilot Anda,” kata Sicher. “Beri tahu mereka bahwa Anda menolak tugas sesuai dengan panduan dan peringatan yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri dan FAA.”