Logo Bloomberg Technoz

Investigasi Internal AdaKami Belum Temukan Korban Bunuh Diri

Dovana Hasiana
06 October 2023 13:35

Ilustrasi pinjaman online (pinjol) AdaKami. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi pinjaman online (pinjol) AdaKami. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Investigasi internal Perusahaan pinjaman online atau Pinjol PT Pembiyaaan Digital Indonesia (AdaKami) belum berhasil menemukan identitas nasabah yang diduga bunuh diri usai mengalami intervensi dalam proses penagihan. Hal investigasi ini juga diklaim sudah disampaikan pada Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

"AdaKami masih terus melakukan penelusuran, bahkan AdaKami sudah memenuhi panggilan undangan klarifikasi dari Bareskrim Polri Direktorat Tindak Pidana Siber terkait investigasi internal yang sudah dilakukan oleh AdaKami untuk mendapatkan informasi lebih," kata Direktur Utama AdaKami Bernardino Moningka Vega Jr, Jumat (6/10/2023).

Menurut dia, Adakami masih berupaya mencari identitas lengkap nasabah yang viral karena bunuh diri tersebut. Perusahaan peer to peer lending tersebut meminta bantuan masyarakat untuk mendapatkan nama lengkap, nomor KTP, dan nomor ponsel nasabah untuk disesuaikan dengan sistem KYC (know your customer) pengguna layanan AdaKami.

Komitmen ini, kata Bernardino, sebagai bagian dari kepatuhan AdaKami terhadap regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pengguna yaitu masyarakat. 

Dalam proses pengumpulan data ini, AdaKami terus membuka layanan laporan masyarakat terkait identitas terduga korban melalui layanan konsumen AdaKami di 15000-77 atau melalui hello@cs.adakami.id dengan subyek ‘Lapor Bukti’.