Logo Bloomberg Technoz

Karhutla Lahap 267 Ribu Ha hingga Oktober, Kemungkinan Bertambah

News
04 October 2023 09:00

Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatra (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatra (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengonfirmasi sebanyak 6.659 titik panas (hot spot) mendera sejumlah hutan dan lahan di Indonesia. 80 Persen di antaranya berpotensi menjadi titik api (hot fire).

“Areal yang terbaka terekam 267 ribu hektare dan perkiraan saya dengan situasi bulan September kemarin dan Oktober, kelihatannya masih akan bertambah,” ujar Siti usai, Selasa (03/10/2023), usai mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Jokowi.

“Kita sekarang ini berjibaku di Sumatra Selatan, di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, sambil juga memonitor yang di Riau, Jambi dan lain-lain,” ujarnya.

Siti menyebut pemerintah telah melakukan sejumlah antara lain pemadaman dan teknik modifikasi cuaca (TMC) di sejumlah provinsi. Pemerintah juga memastikan bahwa hingga saat ini tidak ada pencemaran asap lintas batas atau transboundary haze ke negara tetangga.

“Sejauh ini tidak ada transboundary haze ke Malaysia. Jadi kalau dibilang bahwa di Malaysia tidak ada hot spot, kalau lihat datanya citra satelitnya di sana juga ada,” ujarnya.