Logo Bloomberg Technoz

Jaksa Kaji Periksa Mendag di Kasus Impor Gula, Ada Nasdem

Sultan Ibnu Affan
03 October 2023 15:10

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau Pasar Tanah Abang Blok A, Kamis (28/9/2023). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau Pasar Tanah Abang Blok A, Kamis (28/9/2023). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kejaksaan Agung masih mengkaji rencana pemanggilan dan pemeriksaan Zulkifli Hasan dalam kasus dugaan korupsi pemberian izin impor gula di Kementerian Perdagangan pada 2015-2023. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menjabat Menteri Perdagangan sejak 15 Juni 2022.

"Ini proses baru berjalan, masalah siapa yang akan dipanggil kami akan melihat urgensinya," kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi, Selasa (3/9/2023).

Dalam kasus ini, penyidik kejaksaan juga tengah melakukan penggeledahan di sejumlah kantor Kementerian Perdagangan dan PT PPI. Kementerian diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan dan pelanggaran hukum dalam pemberian izin impor gula selama delapan tahun.

"Kita lihat saja ya nanti belum bisa sampaikan disini," kata Kuntadi.

Berdasarkan periode kasus, setidaknya ada enam tokoh yang menjabat menteri perdagangan. Tiga menteri perdagangan pertama yang berada pada Kabinet Indonesia Kerja berkaitan dengan Partai Nasdem.