Logo Bloomberg Technoz

Kata Jokowi ASN Berarti Tak Kerja Jika Inflasi Daerah Tembus 3%

Fransisco Rosarians Enga Geken
03 October 2023 13:40

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) adalah mesin atau motor pembangunan karena menjadi pelaksana seluruh kebijakan. Oleh karena itu pemerintah membutuhkan ASN yang memiliki tenaga kuat, efisien, tahan banting dan tak memboroskan anggaran.

Pemerintah melalui Kementerian PAN-RB pun siap memberikan hadiah atau reward yang sepadan kepada ASN yang berprestasi dan berinovasi. Hal ini merujuk pada tiga patokan kinerja ASN di daerah yaitu pertumbuhan ekonomi, angka inflasi, dan angka kemiskinan. 

Menurut Jokowi, pemerintah daerah pasti berhasil menjaga angka inflasi pada wilayahnya jika seluruh pejabat dan ASN bekerja secara maksimal. "Kepala dinas yang berkaitan, kalau inflasi tak bisa di bawah 3% berarti tak kerja," kata Jokowi di Jakarta, Selasa (3/10/2023) sebagaimana dikutip dari kanal Setpres.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS), inflasi September 2023 tercatat mencapai 0,19% secara bulanan; dan 2,28% secara tahunan atau year on year (yoy). Menurut BPS, nyaris di seluruh daerah mengalami peningkatan angka inflasi.

Bahkan, inflasi pada beberapa daerah tercatat lebih dari 3%. Berdasarkan data BPS, Kota Tanjung Pandang mencatat inflasi sebesar 5,03% atau menjadi yang tertinggi di Pulau Sumatra. Inflasi di Kabupaten Sumenep mencapai 4,47% atau tertinggi di Pulau Jawa.