Logo Bloomberg Technoz

Gasifikasi Batu Bara Nyaris Mangkrak, ESDM Siapkan 3 Insentif Ini

Wike Dita Herlinda
29 September 2023 10:40

Aktivitas pemindahan batu bara PT Bukit Asam di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)
Aktivitas pemindahan batu bara PT Bukit Asam di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. (Dok Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengisyaratkan rencana pemberian tiga insentif baru untuk menyegarkan investasi di bidang penghiliran batu bara di dalam negeri.

Plt. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM Bambang Suswantono mengatakan, di tengah kenaikan produksi batu bara nasional, pemerintah mengupayakan percepatan penghiliran sektor tersebut sebagai salah satu jalan untuk mencapai misi Indonesia Emas pada 2045.

Dengan demikian, lanjutnya, produksi batu bara nasional diharapkan dapat lebih bernilai tambah baik melalui proses gasifikasi menjadi dimethyl ether (DME), metanol, gas sintetik, maupun diolah menjadi hidrogen dan amonia.

“Saat ini beberapa industri hilir batu bara telah selesai dibangun, yaitu pembuatan briket, kokas, dan upgrading batu bara,” ujarnya melalui pernyataan resmi kementerian, dikutip Jumat (29/9/2023).

Untuk memacu lebih banyak produk derivatif batu bara, Bambang menyebut pemerintah menyiapkan tiga insentif bagi perusahaan tambang komoditas fosil tersebut yang berkomitmen melakukan penghiliran.