Logo Bloomberg Technoz

Polri Tangkap 6 Tersangka Mafia Bola Liga 2

Fransisco Rosarians Enga Geken
28 September 2023 13:15

Ilustrasi pertandingan sepak bola. (Dok. Ist)
Ilustrasi pertandingan sepak bola. (Dok. Ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Anti-mafia Bola Kepolisian (Polri) menangkap dan menetapkan enam orang sebagai tersangka dugaan praktik pengaturan skor atau match fixing pada pertandingan Liga 2. Penangkapan dilakukan usai Kepala Kepolisian Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertemu Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, pekan lalu.

Kepala Satgas Anti-mafia Bola, Inspektur Jenderal Asep Edi Suheri mengatakan, salah satu tersangka adalah seorang liason officer (LO) atau koordinator wasit berinisial K. Selain itu, satu tersangka berinisial A juga ditangkap karena berperan sebagai kurir pengantar uang bagi para wasit.

Sedangkan empat tersangka lainnya adalah satu paket wasit yang menjadi pengawas pertandingan. Wasit berinisial R adalah wasit tengah atau utama pertandingan. Wasit berinisial T dan R yang bertugas menjadi asisten wasit 1 dan wasit 2. Serta, wasit berinisial A yang adalah wasit cadangan.

“Dari hasil penyidikan, penyidik telah memperoleh bukti yang cukup. Maka ditetapkan enam orang sebagai tersangka,” kata Asep seperti dilansir Humas Polri, Kamis (28/9/2023).

Kelompok mafia bola ini terdeteksi saat Satgas mulai melakukan analisis terhadap sejumlah pertandingan. Pengawasan dilakukan baik pada pertandingan yang tengah berlangsung, atau sebelumnya.