Logo Bloomberg Technoz

Bloomberg Technoz Ecofest

Generasi Muda Peduli Perubahan Iklim Tapi Ogah Bayar Lebih

Mis Fransiska Dewi
28 September 2023 12:30

Ekonomi Hijau (Dok Unsplash)
Ekonomi Hijau (Dok Unsplash)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani menyebutkan generasi muda Indonesia sangat memerhatikan isu keberlanjutan. 

Hal itu, menurutnya, dibuktikan dengan banyaknya perusahaan rintisan (startup) yang sudah mulai berinvestasi pada proyek ramah lingkungan maupun pembangunan berkelanjutan. Namun, dari sisi willingness to pay atau kesediaan untuk membayar masih sangat terbatas.

“Ini yang menarik walaupun survei menunjukkan bahwa generasi muda sangat memerhatikan isu iklim, tetapi sebenarnya dari sisi willingness untuk membayar lebih ini masih sangat terbatas. Oleh karenanya, perlu diintensifkan juga dari segi consumer kita ngomongin green lifestyle harus ada insentif juga,” kata Shinta dalam dalam panel diskusi Bloomberg Technoz Ecofest, Rabu (27/9/2023).

Berdasarkan data yang dia himpun dari survei nasional Celios-Poldev UGM 2023, sebanyak 100% usia 15—34 dan 95% usia 45—54 menganggap krisis iklim adalah hal yang nyata. Namun, masyarakat yang menilai pemerintah belum memiliki kebijakan yang mampu mencegah krisis iklim, mayoritas berasal dari generasi Z sebesar 24% dan generasi milenial 46%.

Shinta menambahkan, bagi startup yang memiliki keterbatasan dari sisi modal, Apindo sebagai pelaku usaha membantu akses permodalan bagi startup ataupun UMKM yang menjalankan bisnis berkelanjutan.