Logo Bloomberg Technoz

Meta Akan Tambah Fitur AI ke Instagram hingga WhatsApp

News
28 September 2023 12:00

Meta Platform. (Dok: Bloomberg)
Meta Platform. (Dok: Bloomberg)

Alex Barinka - Bloomberg News

Bloomberg, Meta Platforms Inc. memperkenalkan fitur-fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) ke aplikasi-aplikasinya. Penambahan ini nantinya akan memberikan pengalaman yang mirip dengan ChatGPT milik OpenAI kepada 3 miliar penggunanya.

Diumumkan oleh Meta pada konferensi pengembang Connect tahunan pada Rabu, pembuatan stiker yang disesuaikan, pengeditan gambar, dan sejumlah karakter chatbot selebriti – semuanya dilengkapi dengan AI generatif – akan hadir di Instagram, Messenger, dan WhatsApp. Meta juga memperkenalkan studio pengembang bagi merek-merek yang ingin membangun alat AI mereka sendiri untuk layanan pesan perusahaan yang dapat dipakai berbicara dengan pelanggan.

"Kemajuan dalam bidang AI memungkinkan kita untuk menciptakan berbagai persona AI yang berbeda untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas," kata CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam pidatonya. "Pandangan kami adalah orang akan ingin berinteraksi dengan berbagai AI yang berbeda untuk bermacam hal yang ingin Anda lakukan."

Ini adalah pengumuman penting bagi Meta, yang menunjukkan bahwa mereka juga dapat membangun teknologi berbasis AI yang menghasilkan teks dan gambar berdasarkan permintaan sederhana dari pengguna. Alphabet Inc.'s Google, Snap Inc., dan Microsoft Corp. telah memperkenalkan berbagai alat untuk memanfaatkan minat publik dan investor dalam teknologi yang baru ini.