Logo Bloomberg Technoz

Bloomberg Technoz Ecofest

Moeldoko Minta Anak Muda Turunkan Emisi: Kurangi Bawa Mobil

Septiana Ledysia
27 September 2023 15:10

Kepala Staf Presiden Moeldoko di acara Bloomberg Technoz Ecofest di Hotel Westin (Bloomberg Technoz/Ezra Sihite)
Kepala Staf Presiden Moeldoko di acara Bloomberg Technoz Ecofest di Hotel Westin (Bloomberg Technoz/Ezra Sihite)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan, Jendral TNI (Purn) Moeldoko mengatakan peran anak muda sangat penting dalam mewujudkan zero emisi di Indonesia. Salah satunya adalah dengan bepergian mengurangi penggunaan mobil atau motor.

“Urusan emisi bagi anak muda merupakan keharusan dan bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan. Kalau nggak perlu naik mobil, ngapain naik mobil? Naik kereta saja. Kalau bisa naik sepeda kenapa harus naik motor? Itu juga sudah menjadi upaya mengurangi emisi,” kata Moeldoko dalam acara Bloomberg Technoz Ecofest di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Berikutnya yang harus dilakukan anak muda menurut Moeldoko adalah peduli dengan sampah. Sebab, saat ini Indonesia sedang menghadapi ancaman bencana yang tidak bisa dihindari lagi.

“Langkah-langkah anak-anak muda diperlukan dari awal bagaimana mengelola lingkungan dengan sungguh-sungguh. Saya senang lihat anak muda sangat peduli dan anak saya sendiri sangat peduli dengan masalah plastik,” ujar Moeldoko.

Moeldoko juga meminta terkait green economy yang harus tetap diatur dan bisa menjadi kesempatan bagi banyak pihak di dalam negeri. “Dengan kemampuan kita mengelola karbon maka negara bisa mendapatkan keuntungan Rp3.000 triliun,” tambahnya.