Logo Bloomberg Technoz

Gerak AMMN, MEDCO hingga PGEO Jelang Peresmian Bursa Karbon RI

Mis Fransiska Dewi
19 September 2023 10:01

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah saham terkait energi baru terbarukan memang belum menjadi top gainers sepanjang perdagangan hari ini. Namun, saham-saham tersebut kompak diperdagangkan dengan nilai transaksi tertinggi.

Saham tersebut di antaranya adalah perusahaan PT Amman Internasional Tbk (AMMN) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) yang belum lama ini berkongsi dengan Anthoni Salim untuk mengekspor listrik ke Singapura. Ada juga saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT), yang keduanya bergerak di sektor panas bumi.

Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (19/9/2023), hingga pukul 9.50, saham AMMN naik 250 poin atau setara 4,85% ke Rp 5.400/saham. Nilai transaksinya mencapai Rp186,4 miliar usai sebanyak 35,4 juta saham diperdagangkan. Nilai transaksi ini menjadi yang tertinggi.

Nilai transaksi saham MEDC menempati urutan kedua terbesar setelah dipedagangkan senilai Rp147,1 miliar. Volume transaksi sebesar 88,7 juta saham. Harga saham MEDC naik 50 poin ke level Rp1.655/saham.

Saham PGEO turun 20 poin ke level Rp1.515/saham. Meski turun, volume transaksi tercatat sebesar Rp92,7 miliar, sehingga menempatkannya di urutan ke-5 nilai transaksi terbesar setelah saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).